Langsung ke konten utama

Sarana dan Prasarana Olahraga Lompat Tinggi yang Wajib Dipahami


Satu diantara cabang olahraga atletik ialah lompat tinggi. Lompat tinggi ini ditandingkan di tempat olahraga seperti olimpiade, Asian games, Sea Games serta tempat olahraga berprestise yang lain. Lompat tinggi mengetes ketrampilan satu orang olahragawan untuk melonjak dengan melalui tiang mistar serta jatuh pada pendaratan matras lompat tinggi.

Arah penting dari olahraga lompat tinggi ini yakni dapat melalui mistar dengan ketinggian khusus serta supaya kita bisa melonjak setingginya tanpa ada membuat mistar itu jatuh. 

Tinggi mistar minimum yang perlu dilalui oleh beberapa olahragawan lompat tinggi ini ialah 2.5 mtr., dengan panjang mistar minimum ialah 3.15 mtr..

Baca Juga lapangan lompat tinggi 
Baca Juga mistar lompat tinggi

Selintas Mengenai Lompat Jauh serta Peranan Matras Lompat Tinggi

Baca Juga lapangan lompat tinggi 
Baca Juga mistar lompat tinggi

Pada suatu persaingan lompat tinggi, mistar akan dinaikkan dengan ketinggian yang sudah dipastikan sesuai dengan ketentuan. Lompatan pada lompat tinggi akan dikatakan gugur/gagal jika peserta atau olahragawan sentuh palang atau peserta tidak lakukan lompatan prima. Tiap peserta dalam lompat tinggi akan dikasih peluang sekitar 3x untuk lakukan lompatan.

Jaman dulu sarana dan prasarana lompat tinggi belum juga kekinian seperti saat ini. Olahragawan dalam persaingan lompat tinggi tidak datang di atas matras lompat tinggi saat mereka lakukan lompatan. 

Tapi di atas tanah yang berumput atau tanah pasir. Oleh karena itu banyak olahragawan yang seringkali alami cidera saat ikuti olahraga ini pada saat itu.

Di bawah ini ialah 5 sarana dan prasarana lompat tinggi yang butuh Anda tahu.

1.      Lapangan

Lapangan disebutkan wilayah awalan. Lapangan punya panjang minimum 15 mtr. serta optimal tidak terbatas. Tapi bila dalam perlombaan, minimal jalan ancang-ancang ialah 20 mtr.. Bila keadaan mengizinkan, jalan ancang-ancang bisa dibikin jadi 25 mtr..

Tempat awalan untuk lakukan lompat tinggi yakni lari ke arah mistar yang dipakai untuk lakukan lompatan oleh beberapa olahragawan. Awalan di sini sebaiknya pas serta masih. Kenapa harus masih? Sebab jumlahnya langkah, irama serta kecepatan dalam tiap awalan selalu. Terhitung dari pojok awalan ini bergantung dengan style yang dipakai oleh tiap altlet.

2.      Wilayah Sandaran

Wilayah sandaran di sini ini berarti tempat untuk melonjak. Pada wilayah sandaran ini kemiringan optimal dalam jalan ancang-ancang atau tempat bertopang tidak bisa lebih dari 1:250 ke arah pusat mistar. Wilayah bertopang atau tempat berangkat ini sebaiknya datar serta konstan.

3.      Tiang Lompatan

Tiang lompatan dalam lompat tinggi punya peranan jadi penyangga mistar pembatas lompatan. Tiang lompatan bisa dibuat berbahan apapun. Tetapi, bahan itu harus kuat serta kuat untuk menyokong beban mistar pembatas itu. Untuk jarak di antara tiang lompatan sendiri ialah 3.98 sampai 4.02 mtr..

Bentuk serta mode tiang lompatan ini bisa berbentuk apapun asal kaku serta kekar. Tiang lompatan di sini harus cukup tingginya untuk melewati tinggi mistar yang sebetulnya dimana mistar itu dipakai olahragawan untuk melonjak. Mistar akan dinaikkan dengan minimal 10 cm dengan setahap.

Tiang lompat di sini tidak bisa dipindahkan sepanjang perlombaan atau persaingan sedang berjalan. Terkecuali bila pemimpin laga pikirkan jika tempat bertopang atau tempat pendaratan yang dipakai tidak sesuai dengan yang diawalnya. Dalam soal ini perlombaan harus dikerjakan sesudah satu atau ronde sudah usai dikerjakan.

4.      Bilah atau Mistar Lompatan

Bilah atau mistar lompatan punya peranan jadi ukuran pembatas untuk mengukur berapakah tinggi lompatan olahragawan. Mistar ini bisa dibuat dari kayu, metal atau bahan tipis yang lain yang penting mudah. Mistar juga bisa dibuat berbahan fiber glass. Potongan melintangnya bundar silindris terkecuali yang berada di ujung mistar.

Penopang atau mistar ini harus terpasang kuat pada tiang lompatan yang ditempatkan sama-sama bertemu. Di ujung mistar lompat harus terbagi dalam 3 sisi yakni sisi silindris serta dua buah ujung mistar.

Penopang pada mistar tidak bisa dibungkus karet atau bahan lain yang membuat bertambahnya gesekan di antara olahragawan dengan permukaan mistar atau bar lompat. Penopang pun tidak bisa menggunakan pir atau pegas apa saja.

Supaya mistar tidak jatuh saat Anda lakukan lompatan, jadi perbaikilah tempat take off Anda serta upayakan untuk lakukan pergerakan yang betul-betul efisien serta efektif. 

Buat menahan jatuhnya mistar oleh kaki dalam style straddle jadi Anda harus mengayunkan kaki Anda jauh ke atas.
Ketetapan dari mistar pembatas tersebut ialah :
  • Panjang mistar seputar 3.98 sampai 4.02 mtr. sesuai jarak di antara ke-2 tiang lompat.
  • Berat optimal dari satu bilah atau mistar lompatan ialah 2 kg.
  • Permukaan mistar harus berupa datar dengan ukuran 3 cm x 15 cm x 20 cm.
  • Untuk ukuran penopang ialah panjang 6 cm serta lebar 4 cm.


Sebelum perlombaan atau persaingan dalam lompat tinggi ini diawali, ketua juri akan menginformasikan pada beberapa peserta mengenai tinggi mistar. Juri akan memberitahu tinggi mistar diawalnya serta tinggi mistar sesudahnya.

Mistar itu akan dinaikkan di akhir setiap set atau ronde. Set atau ronde ini akan selesai sampai tersisa seseorang peserta atau seseorang olahragawan yang masih ada. Olahragawan atau peserta itu akan memenangi perlombaan atau kompetis itu.

5.      Tempat untuk Mendarat

Tempat pendaratan dalam persaingan atau perlombaan lompat tinggi telah dibikin dengan cukup kekinian serta tentu saja aman buat keselamatan serta kesehatan beberapa olahragawan lompat tinggi.

Tempat pendaratan pada olahraga atletik lompat tinggi dibuat dari busa dengan ukuran tebal 60 cm serta di bagian atas busa itu dilapis oleh matras yang punya ukuran tebal dari mulai 10-20 cm. Matras ini berperan supaya olahragawan terlepas dari luka.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Scoreboard Tenis Lapangan Menjadi Penting Saat Pertandingan

Tenis lapangan sesuatu permainan atau olahraga dengan memakai raket jadi alat pemukul bola melalui net. Serta memantulkan bola hingga musuh tidak bisa kembalikan bola itu. Tenis sesuatu cabang olahraga yang bisa dimaninkan dengan individu atau ganda. Dan lapangannya juga bisa beralih sesuai jumlahnya pemainnya. Tenis lapangan adalah satu diantara olahraga yang benar-benar disadari oleh dunia. Baca Juga scoreboard futsal   Baca Juga scoreboard tenis meja Langkah Bermain Tenis Lapangan Seperti yang sudah kita tahu, jika bermain tenis bisa dikerjakan oleh individu atau ganda. Maksudnya tidak lain adalah buat memukul bola ke sisi lain. Dan harus bergerak di lapangan musuh dan tetap mengerjakannya sampai musuh tidak memukul bola atau pada akhirnya lakukan kekeliruan. Permainan tenis terdiri atas 3 set, juara adalah pemain yang dapat memenangi dua set. Tiap set terbagi dalam game/ game serta arah pemain ialah dapat sampai ke game 6 terlebih dulu. Agar

Memilih Matras Sekolah Dengan Dana Sesuai

Hampir semua sekolah di Indonesia mempunyai matras senam untuk keperluan olahraga senam yang berada di sekolah itu. Sayangnya, cukup banyak sekolah yang belum mempunyai standard kelayakan untuk matras sekolah yang mereka punya. Walau sebenarnya, matras senam salah satu hal penting yang perlu diakui untuk pastikan pekerjaan senam yang dikerjakan di sekolah itu berjalan mulus tak perlu mencederai pelajar. Sayangnya, tidak semua sekolah memiliki dana yang besar untuk hal seperti ini. Jadi, sering sekolah yang pilih untuk keluarkan dana yang terbatas untuk penyediaan matras senam untuk sekolah. Bila ada budget, serta akan membuat matras itu, banyak hal berikut ini bisa saja alasan dalam pilih matras senam lantai sekolah dengan dana yang cukup terbatas. Baca Juga manfaat senam  Baca Juga macam macam senam 1. Ketebalan Baca Juga manfaat senam  Baca Juga macam macam senam Ketebalan jadi aspek terpenting yang memastikan harga yang perlu dib