Langsung ke konten utama

Scoreboard Tenis Lapangan Menjadi Penting Saat Pertandingan


Tenis lapangan sesuatu permainan atau olahraga dengan memakai raket jadi alat pemukul bola melalui net. Serta memantulkan bola hingga musuh tidak bisa kembalikan bola itu.

Tenis sesuatu cabang olahraga yang bisa dimaninkan dengan individu atau ganda. Dan lapangannya juga bisa beralih sesuai jumlahnya pemainnya.

Tenis lapangan adalah satu diantara olahraga yang benar-benar disadari oleh dunia.

Baca Juga scoreboard futsal 
Baca Juga scoreboard tenis meja

Langkah Bermain Tenis Lapangan

Seperti yang sudah kita tahu, jika bermain tenis bisa dikerjakan oleh individu atau ganda. Maksudnya tidak lain adalah buat memukul bola ke sisi lain.

Dan harus bergerak di lapangan musuh dan tetap mengerjakannya sampai musuh tidak memukul bola atau pada akhirnya lakukan kekeliruan.

Permainan tenis terdiri atas 3 set, juara adalah pemain yang dapat memenangi dua set. Tiap set terbagi dalam game/ game serta arah pemain ialah dapat sampai ke game 6 terlebih dulu.

Agar set ke ujung harus ada, minimal satu ketidaksamaan laga 2 antar pemain. Bila 6/6 bertahan dalam permainan, tie-break harus dimainkan, yang kerja seperti permainan tambahan. Dan siapa juga yang bisa emenangkan game ini serta sampai game 7 terlebih dulu, dialah yang memenangi set.

Permainan diselingi dengan ketentuan seperti berikut: 15, 30, 40. Setiap saat pemain menang, pemain akan mendapatkan 15, lalu pergi ke 30, … sampai sesudah 40.

Bila pemain dapat mendapatkan satu pergerakan , pemain itu mendapatkan permainan bila dia memiliki keunggulan 2 dimainkan.

Bila 40/40 masih ada, itu dikatakan sebagai jus setiap saat mereka terikat. Serta permainan cuma akan selesai waktu satu dari mereka sampai keuntungan dari permainan 2.

Baca Juga scoreboard futsal 
Baca Juga scoreboard tenis meja

Lapangan serta Peralatan Tenis Lapangan

1. Lapangan berupa persegi panjang dengan ukuran:

  • panjang 23,77 m serta lebar 8,23 m untuk tunggal (single)
  • panjang 23,77 m serta lebar 10,97 m (ganda)

2. Net (jaring)

  • tingginya 910 mm dari tanah
  • dibuat dari anyaman tali nilon

3. Bola

  • garis tengah 63,50 mm–66,67 mm
  • beratnya 56,70 gr–58,48 gr.

4. Raket

  • untuk pemula/pelajar umumnya memakai raket yang mudah 1,5 ons–12,62 ons
  • sedang 12,62 ons–14,5 ons
  • berat 14,5 ons–15 ons

5. Baju

  • seragam tetap putih-putih.

Skema Laga Tenis Lapangan

Seperti yang sudah kita ulas awalnya, umumnya dalam kejuaraan tenis lapangan terdapatdua skema yang seringkali dipakai yaitu skema point serta skema gugur.

Tetapi, tedapat juga sistem-sistem lain yaitu skema persaingan, serta skema 1/2 persaingan.
Yang tentu saja skema itu dipakai menurut persetujuan panitia yang membuat kejuaraan atau kompetisi.

Skema gugur yaitu format dari penerapan laga dimana peserta yang kalah tidak bisa ikuti laga serta pemain musuh yang menang.

Peserta yang gugur langsung juga tinggalkan kompetisi hingga dalam putaran setelah itu tidak memiliki hak ikuti laga.

Skema gugur juga seringkali dikatakan sebagai skema singgle elimination. Mengenai beberapa ciri dari laga skema gugur, salah satunya seperti berikut:
  • Peserta yang kalah langsung tereliminasi serta tidak bisa ikuti kompetisi pada putaran laga setelah itu
  • Peserta yang menang menantang peserta yang menang yang lain.
  • Peserta yang belum pernah kalah automatis jadi juara satu.
  • Peserta sebagai juara dua adalah peserta yang ditaklukkan oleh juara pertama di laga final.
  • Peserta sebagai juara tiga adalah peserta yang kalah dalam laga semi final yang menantang juara pertama. Dan berlaga menantang peserta yang kalah dalam semi final yang menantang juara dua. Dalam laga antar ke-2 peserta yang kalah dalam semi final, sebagai juara ialah sebagai juara tiga.

Penghitungan Score

Biasanya untuk laga International akan mainkan 3 set, meskipun tekadang dalam permainan ganda/tunggal putra mainkan 5 set. Dalam permainan 3 set , pemain atau team yang mencetak kemenangan 2 set terlebih dulu bisa menjadi juara.
  • Waktu cetak point, pemain tidak langsung mendapatkan 1 game. 1 game didapatkan sesudah cetak beberapa point lebih dulu (diberi nama point kecil).
  • Point kecil diawali dari angka 0-0. Bila pemain cetak point, jadi score bisa menjadi 15-0, point setelah itu bisa menjadi 30-0 serta point setelah itu bisa menjadi 40-0.
  • Jus dikerjakan bila score ke-2 pemain sama kuat, yaitu 40-40.
  • Sepanjang satu permainan, pemain harus memenangi 6 game serta akan dipandang memenangi laga jika score 6-0.
  • Bila permainan sama kuatnya, yaitu 6-6 jadi diselenggarakan game ke-7 serta dikerjakan point kecil tie-break memakai score kecil 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 serta 7.

Jika score sampai 40-40 diberi nama jus dalam arti tenis lapangan. Pemain harus mememangkan 2 poin untuk memenangi permainan. Pemain yang menyarangkan bola saat posisi masih jus memperoleh nilai unggul atau istilahnya ‘Ad’ atau ‘Advantage’. 

Tetapi bila pemain yang lakukan service yang mendapatkan nilai disebutkan dengan ‘ad in’ apabila penerima yang terima poin disebutkan dengan’ad out’.

Untuk memenangi pada sebuah set anda harus memenangi 6 game dengan beda 2 (kecuali memakai tie break). Anda bisa memenangi laga dengan score 6-4,6-3,6-2,6-1,6-0 tapi tidak dengan 6-5. 

Bila score sampai 6-5 makan game penambahan akan dimainkan sampai satu diantara pemain unggul 2 game serta skornya jadi 7-5,8-6,10-8.

Dalam skema Tie break dipakai untuk menahan jumlahnya set yang kebanyakan serta biasanya diguakan skema 12 poin. 

Bila game sampai 6-6 pemain pertama harus mendapatkan 7 poin dengan beda 2 poin dengan musuh untuk memenangi set serta akan selesai dengan score 7-6.

Scoreboard Tenis Lapangan

Untuk scoreboard tenis lapangan digital sangat terjamin keakuratan dari perhitungan untuk skoring olahraga permainan ini. Sampai beberapa pemain dan pelaksana olahraga permainan ini sangat dimudahkan dari sisi skoring nya.

Dengan detil scoreboard lapangan seperti berikut.

Spesifikasi ScoreBoard Takraw
  • Warna Led : Merah (bisa request warna lain)
  • Dimensi : 130 x 70 cm
  • Material : Almunium + Panel Akrilik.
  • Pegendali : Remote Wireless
  • Tegangan : 176–264 VAC, 50/60Hz

Keunggulan :
  • Bisa Atur keterangan LED
  • Pengaman tombol reset
  • *Bisa custom ukuran dan spesifikasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarana dan Prasarana Olahraga Lompat Tinggi yang Wajib Dipahami

Satu diantara cabang olahraga atletik ialah lompat tinggi. Lompat tinggi ini ditandingkan di tempat olahraga seperti olimpiade, Asian games, Sea Games serta tempat olahraga berprestise yang lain. Lompat tinggi mengetes ketrampilan satu orang olahragawan untuk melonjak dengan melalui tiang mistar serta jatuh pada pendaratan matras lompat tinggi. Arah penting dari olahraga lompat tinggi ini yakni dapat melalui mistar dengan ketinggian khusus serta supaya kita bisa melonjak setingginya tanpa ada membuat mistar itu jatuh.  Tinggi mistar minimum yang perlu dilalui oleh beberapa olahragawan lompat tinggi ini ialah 2.5 mtr., dengan panjang mistar minimum ialah 3.15 mtr.. Baca Juga lapangan lompat tinggi   Baca Juga mistar lompat tinggi Selintas Mengenai Lompat Jauh serta Peranan Matras Lompat Tinggi Baca Juga lapangan lompat tinggi   Baca Juga mistar lompat tinggi Pada suatu persaingan lompat tinggi, mistar akan dinaikkan dengan ketinggian yang sudah d

Memilih Matras Sekolah Dengan Dana Sesuai

Hampir semua sekolah di Indonesia mempunyai matras senam untuk keperluan olahraga senam yang berada di sekolah itu. Sayangnya, cukup banyak sekolah yang belum mempunyai standard kelayakan untuk matras sekolah yang mereka punya. Walau sebenarnya, matras senam salah satu hal penting yang perlu diakui untuk pastikan pekerjaan senam yang dikerjakan di sekolah itu berjalan mulus tak perlu mencederai pelajar. Sayangnya, tidak semua sekolah memiliki dana yang besar untuk hal seperti ini. Jadi, sering sekolah yang pilih untuk keluarkan dana yang terbatas untuk penyediaan matras senam untuk sekolah. Bila ada budget, serta akan membuat matras itu, banyak hal berikut ini bisa saja alasan dalam pilih matras senam lantai sekolah dengan dana yang cukup terbatas. Baca Juga manfaat senam  Baca Juga macam macam senam 1. Ketebalan Baca Juga manfaat senam  Baca Juga macam macam senam Ketebalan jadi aspek terpenting yang memastikan harga yang perlu dib